Social Icons

Kamis, 30 Mei 2013

Membuat Aplikasi Kalkulator


Buatlah Class baru untuk aplikasi dengan java ini, dengan nama misalnya Aplikasi Kalkulator.java , klik kanan nama folder/project dan pilih JFrameForm. Kemudian buat interface seperti ini dengan bantuan pallete (button, text area, dsb)










Kemudian klik kanan text area dan masing-masing tombol dan beri nama.




1)Pastekan code dibawah


public class Aplikasi Kalkulator extends javax.swing.JFrame {

static double angka1 =0, angka2=0,angka3=0,angka4=0,angka5=0,angka6=0,angka7=0;

static int pilihan=0;

boolean plus,minus,kali, bagi;2)Lalu klik tombol 1 (2 kali), copykan code di bawah


private void satuButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

Text.setText(Text.getText()+"1");

Klik tombol 2 (2 kali), copykan code di bawah

private void duaButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

Text.setText(Text.getText()+"2");




dan seterusnya untuk semua angka.




3)Klik tombol (=) 2 kali, copykan code di bawah

private void samadenganButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {




switch(pilihan){

case 1:

angka2=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka2+angka1));

break;

case 2:

angka3=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka3-angka1));

break;

case 3:

angka4=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka1*angka4));

break;

case 4:

angka5=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka5/angka1));

break;

case 5:

angka7= angka6*angka1/100;

if(plus){

angka6=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka7+angka1));

}else if (minus){

angka6=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka7-angka1));

}else if (kali){

angka6=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka1*angka7));

} else if (bagi){

angka6=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText(Double.toString(angka7/angka1));

}else{

}

break;

default:

Text.setText("");

}




4)Klik tombol (+) 2 kali, copykan code di bawah

private void plusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

pilihan=1;

plus = true;

angka2=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText("");

5)Klik tombol (-) 2 kali, copykan code di bawah

private void minusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

pilihan =2 ;

minus = true;

angka3=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText("");

6)Klik tombol (*) 2 kali, copykan code di bawah

private void kaliButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 3;

kali = true;

angka4=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText("");

7)Klik tombol (/) 2 kali, copykan code di bawah

private void bagiButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 4;

bagi = true;

angka5=angka1;

angka1=Double.parseDouble(Text.getText());

Text.setText("");

8)Klik tombol (C) 2 kali , copykan code di bawah

private void clearbuttonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { Text.setText("");

//untuk menghilangkan angka di text area.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar